Home > News Flash > Komputer Sering Mati Sendiri

Komputer Sering Mati Sendiri

Sebenarnya ini hanya sedikit sharing pengalaman saya beberapa waktu lalu ketika komputer PC saya tiba-tiba sering mati sendiri tanpa saya suruh ataupun tanpa saya sentuh. Troublenya sering mati sendiri, ingat bukan “Restart” kalau restart terus nyala lagi sih itu wajar. Yang nggak wajar itu kalau kita restart tapi malah langsung mati. Sebenarnya PC saya sering mati sendiri itu sudah terjadi beberapa lama, hanya karena saya lagi malas ngotak-atik PC makanya saya biarkan saja, begitu mati saya coba nyalakan lagi, terkadang bisa langsung nyala dan kadang juga mesti nunggu beberapa jam kemudian baru bisa nyala.

Karena seringnya mati secara paksa itulah makanya beberapa kali saya harus install ulang OSnya karena terjadi file corrupt. Nah setelah lama dan karena sudah bosan harus install ulang terus makanya dengan setengah hati saya coba cek komputer tersebut. Dari awal kejadian tersebut sebenarnya saya sudah mengindikasi kalau kemungkinan yang trouble itu Power Supplynya. Lalu tanpa berpikir lama makanya langsung saja saya coba bongkar Power Supply PC. Saya cek fisik komponen didalamnya. Ternyata benar ada kondensator elektrolit atau yang biasa disebut elko udah mau meledak, mungkin karena udah uzur umurnya dan dah bau tanah. Padahal elko tersebut fungsinya adalah sebagai penyaring arus, pantas saja PCsaya kadang mati dan nggak bisa hidup, selain itu modem saya sering kehabisan daya. Saya coba cek dengan AVO atau Multimeter memang kondensator tersebut sudah agak korslet didalamnya.

Langsung saja nyari ke toko elektronik didekat kost dengan naik motor butut kebanggan. Ternyata harganya Rp 2.000,- mahal banget, padahal sewaktu dulusaya masih hobi maen barang seperti ini harganya masih dibawah Rp 1.000,-. Tapi nggak masalah, dari pada saya harus beli Power Supply seharga Rp 150.000,- atau lebih. Sampai kost langsung deh dipasang, nyala, langsung test drive semalaman buat ngenet. OK nggak ada kendala.

Ini hanya pengalaman saya mungkin penyebab komputer mati bukan hanya itu namun berbeda-beda, jadi dicek saja dulu semuanya dari kabel, stabilizer tegangan, power supply dan berlanjut ke Mainboard.

Sedikit tips untuk mengecek & mengetahui apakah Power Supply masih hidup/OK/bagus/normal atau tidak:

Coba lepas soket kabel PS 24 atau 20 pin yang ke Mainboard, hubungkan kabel warna hijau dengan hitam, lalu coba hubungkan kabel power PS ke sumber tegangan 220Volt. Jika kipas berputar maka kemungkinan besar PS masih bagus, tapi kalau tidak menyala maka kemungkinan PS trouble.

Categories: News Flash
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: