Home > Business Articles > Cara Mendapatkan Dollar Di Internet

Cara Mendapatkan Dollar Di Internet

Silahkan di baca-baca dulu. Beberapa cara, tips dan trik akan saya sampaikan nanti. Harap dibaca karena mengetahui macam-macam cara dalam mencari uang di internet akan membantu pemahaman kisanak. Poin pentingnya adalah dapat memilih metode mana yang kisanak rasa paling cocok. Atau mungkin setelah tau seluk beluknya kisanak bisa menemukan cara baru..

AFFILIATE PROGRAM
Di affiliate marketing kita mendapat uang jika bisa mempertemukan penjual dan pembeli. Barang itu bisa produk, jasa maupun informasi.
Cara kerjanya, kita daftar di affiliate marketer (situs penjual) kemudian situs tersebut akan memberi kita sebuah link khusus untuk kita. Maksudnya begini, kalau kisanak memasang link diblog dan si Udin mengklik link itu, maka Udin akan masuk ke situs penjual tadi. Dan dg link itu penjual bisa tau bahwa si Udin datang atas referensi dari kisanak.

Nah, dari sini kisanak bisa dapat duit dlm berbagai cara, diantaranya:
– PPS (Pay Per Sale)
Si Udin beli produk dari penjual, baru kisanak dibayar.
– PPL (Pay Per Lead) / CPA (Cost Per Action)
Kalau disitus itu si Udin mendaftar/sign up dan mengisikan     data-data, kisanak dapat bayaran juga.
Dengan cara yg mana kisanak dibayar tentunya sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Melanjutkan legenda si Udin, <hayah..>
Jika selanjutnya si Udin mendaftar sebagai anggota, kemudian Udin membawa orang lain lagi untuk didaftarkan, kemungkinan kisanak juga bisa ikut menikmati bayarannya tergantung dari model pembayaran yg ditetapkan oleh affiliate marketer.
Kalo tingkat pembayaran 2-Tear Commission, kita dapat bayaran dari hasil penjualan sendiri dan penjualan downline (si Udin). Tapi tidak untuk Single Tear Commission karena di sini kita dapat bayar dari penjualan kita sendiri saja.

Untuk jadi anggota dari affiliate program, setidaknya kita harus punya blog/website. Ya di blog itulah kita pasang link yang didapat dari affiliate marketer. Tujuannya agar pengunjung blog kita mengklik link yang dimaksud.

Contoh dan keterangan situs affiliate silahkan intip di DAFTAR AFFILIATE PROGRAM.

CONTEXTUAL ADVERTISING

Maksudnya kita menawarkan tempat di blog/website yang kita miliki untuk dipasangi iklan.
Sistemnya begini, di sini ceritanya saya sebagai penjual membayar google agar membuatkan iklan tentang situs yang saya miliki (nama programnya Google Adwords). Sementara kisanak di situ punya blog, dan blog itu kisanak tawarkan ke google agar google memasang iklan di blog kisanak (nama programnya Google Adsense). Jika diapprove sama google, maka di blog kisanak akan terpasang iklan dengan tanda “ads by Google”. Dan iklan di situ berisi beberapa situs yg mengikuti Google Adwords seperti saya.

Iklan tersebut bisa berbentuk banner maupun text. Kisanak dibayar jika seseorang mengklik iklan yang dipasang di blog kisanak. Model bisnis seperti inilah yang biasa disebut Pay Per Click (PPC). Sering dengar kan?

Daftar situs dan keterangannya ADA DI SINI.

WEBSITE AND DOMAIN FLIPPING

Jualan situslah gampangnya.. Kisanak bisa jual website kisanak, semua sekalian contentnya. Tp ya website yang bermutu. Pengukurannya bisa dilihat dari pagerank. Kalo PRnya tinggi ya bisa dijual mahal. Apalagi kalo website itu sangat “menghasilkan”. Begitu juga dengan domain. Hanya sekedar nama tapi hasilnya lumayan juga lho.

Yang dibutuhkan di sini adalah keahlian kita membangun sebuah website. Mungkin tak mudah bagi pemula, tapi sedikit demi sedikit semoga kisanak bisa paham dan menguasai.

Para pemain biasanya jualan link sambil menunggu websitenya laku. Maksudnya jualan link itu, kita menyediakan tempat di website kita untuk dipasangi link oleh website lain. Kayaknya sih cuma sepele, tapi hasilnya gede juga lho.

Tips dan triknya menyusul ya..

RESELLING PRODUCT

Tak perlu bingung mau jualan apa kalo kisanak gak punya barang. Kisanak bisa beli barang dari internet dan menjualnya lagi juga lewat internet. Biasanya produk-produk seperti e-book, atau video tutorial. Contohnya kita membeli suatu e-book, kemudian menjualnya kembali kepada beberapa pembeli. Ada dua pembeli aja kan kita udah gain profit. Tapi ya kisanak harus mau berkorban modal dulu.

Ada dua tipe reselling product, yaitu PLR dan RR.
PLR (Private Label Rights), maksudnya kisanak bisa mengubah status kepemilikan dari produk tersebut. Kisanak bisa mengklaimnya sebagai milik pribadi dengan melakukan rebranding pada produk tersebut sehingga kisanak memiliki hak penuh untuk menjualnya kembali, terutama penentuan harga.
RR (Resale Rights), maksudnya kita bisa menjual produk itu tapi tidak boleh merebrandnya. Jadi saat menjualnya kembali kisanak harus mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan oleh pencipta.
Saya sendiri belum pernah jualan e-book. Mungkin karena cenderung lebih suka menulis di website agar semua orang bisa ikut belajar, sekalipun minim dana.

SALE YOUR OWN PRODUCT

Menjual produk buatan sendiri. Kalau kisanak punya skill pada suatu bidang, berkreasilah. Segala macam produk yang bisa kisanak buat, maka buatlah.

Produk yang cenderung mudah dibuat dan paling sering ditawarkan adalah software dan e-book. Ya jelas, karena tak perlu ongkos kirim. Kan tinggal download..

Dan kali ini juga, saya gak pernah bikin e-book. Apalagi menjualnya, kang mas mbak yu.. Kalo ada yang ingin tau ya saya jawab sepengetahuan saya. Kalo ga ditanya ya diem aja to. Hehe..

Tapi kalo kisanak tertarik ya memang, asal produk kisanak berkualitas, pasti untung banyak. Strategi pemasarannya juga berpengaruh besar. Dan yang pasti kisanak butuh website sebagai toko online buat jual produknya.

Tips dan trik menyusul..

SERVICE SELLING

Kalau kisanak punya keahlian khusus, alangkah baiknya kisanak tawarkan lewat internet. Kali ini kisanak menjual jasa. Begitulah service selling. Misal kisanak jago Bahasa Inggris, bisa nawarin jasa translate di internet. Biasanya lewat blog/website juga. Kalo pinter bikin skripsi ya pasang-pasang artikel, konsultasi, sampai jasa pembuatan. Siapa tau kan kalo saya yang minta dibikinin bisa digoyang tarifnya.. Hehe..

Contoh lain ya desain grafis, jasa pembuatan web, sampe ada juga yang nawar-nawarin jasa cracking. Wah, yang itu tidak baik.. Ada juga jasa periklanan, bikin software, pangkas rambut, sol sepatu, cuci motor, vermak jeans.. Loh.. Loh.. =D
Panduan, tips dan trik dapat dilihat DI SINI.

Yang paling saya sukai dari bagian ini, kita tidak harus mempunyai blog/website. Sebagai penjual jasa, kita bisa menjadi freelance. Freelance?? Ya, karena kita yang mencari pekerjaan tersebut. Caranya kita bisa gabung ke situs penyedia jasa. Di sana banyak sekali pekerjaan yang dapat kita temukan. Dari tugas mereview product, memasukkan data account, melakukan survey, menerjemahkan bahasa dan masih banyak lagi. Tentunya dengan menyesuaikan kapasitas kemampuan yang kita miliki.

Beberapa pekerjaan yang sangat mudah untuk pemula bisa saya temui di sini. Dan kali pertama saya menginjakkan kaki di internet untuk mengais rejeki, memang di bidang ini. Ngumpulin modal dulu..

Saya masukkan juga dalam kategori ini yaitu PTR, PTC, PPP dan sebagainya, karena di sini kita dapat duit sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan.

Jenis-jenisnya, tips dan trik serta keterangan lebih lanjut saya bahas di MACAM-MACAM FREELANCE JOB.

OUTSOURCING MEDIA

Inilah yang saya maksud sebagai penyedia jasa di atas. Bagian outsourcing dapat untung dari kegiatannya mempertemukan freelance dengan pembeli. Di sini freelance sebagai penjual jasa dan pembeli sebagai pihak yang membutuhkan bantuan jasa.
Jika kisanak sukses membangun outsourcing system, sudah dapat dipastikan kisanak akan menuai passive income.

Tempat-tempatnya, kelebihan dan kekurangan serta tips dan trik ADA DI SINI.

ON FORUM MARKETING

Kisanak bisa menawarkan produk, jasa dan informasi yang kisanak miliki dengan cara ini. Kita tak perlu membuat website bahkan tidak perlu biaya dalam memasarkannya. Ikutilah berbagai forum untuk memperluas area pemasaran. Yang jelas ya harus sesuai antara karakteristik produk dengan bidang yang dibahas di forum.

Bahkan dalam kategori ini termasuk juga social networking sites seperti facebook atau tweeter, ternyata merupakan tempat yang sangat potensial sebagai media bisnis.

Tempat yang cocok serta kiat-kiatnya akan saya bahas di

VIRAL MARKETING

Biasanya lewat ebook. Kisanak pernah download ebook, dan di bawahnya ada iklan yang menuju ke link yang dimiliki oleh si pembuat? Begitulah viral marketing. Prinsipnya kita memberi dulu agar pembaca berminat untuk mengikuti kita.  Saya yakin kisanak bisa bikin ebook. Gampang kok bikin ebook.

Tips dan trik soal ini ada di:

OTHER WAY BUSSINES

Seiring perkembangan teknologi dan SDM yang juga makin pinter, semakin banyak hal yang bisa dilakukan di internet untuk cari duit. Beberapa merupakan percampuran dari berbagai metode di atas. Kalo sekarang ini ada sistem/cara baru, tunggu aja besok, pasti keluar hal-hal yang lebih baru lagi.

Sebagai contoh, kisanak tau poker kan, seperti aplikasi yang ada di facebook itu? Tempat itu juga bisa mendatangkan keuntungan.

Masih ada banyak cara selain yang ada di atas. Dan tidak menutup kemungkinan kisanak justru menemukan cara baru dalam berbisnis. Percayalah.. Percayalah.. Percayalah berbisnis di internet itu mudah..

Categories: Business Articles
  1. April 5, 2010 at 3:02 am

    ya mudah2an bisa terus mudah ni mas bisnis di internet..ok..

    • April 7, 2010 at 12:55 pm

      thanks bro atas kunjunganxa…n lg brusaha jg nih ngumpulin dollarxa…!!!

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: