Home > News Flash > Benarkah Blog Berbahasa Indonesia Susah Cari Dollar?

Benarkah Blog Berbahasa Indonesia Susah Cari Dollar?

Banyak teman bloggers yang mengeluh katanya susah menggaet dollar dari blognya yang pake bahasa Indonesia. Mereka sudah daftarkan blog mereka itu ke paid review broker dan cuma ada dua kemungkinan : blognya tidak diterima atau pun kalo pun diterima job-nya sangat kurang. Apa benar itu gara2 blognya berbahasa Indonesia?

Ternyata tidak selalu faktor bahasa. Masalah yang paling sering terjadi adalah blog-blog yang mereka daftarkan memiliki jumlah backlinks yang sedikit atau mungkin juga miskin visitors (pengunjung blog). Mungkin kedengaran sedikit mirip dengan pernyataan pelaku bom yang dia sampaikan lewat rekaman video, tapi saya tetap mau bilang : “Kita boleh miskin harta, tapi jangan miskin backlinks!”

Pada prinsipnya, advertiser yang memesan artikel atau link di blog kamu cuma perlu jumlah backlinks dan traffic dari sebuah blog. Boleh saja sebuah blog backlinks-nya sedikit tapi kalo jumlah pengunjungnya banyak pasti advertiser kepincut juga. Demikian juga sebaliknya.

Jumlah backlinks sebuah blog bisa kamu cek di Check Page Rank atau sekalian kalo mau lebih rinci di Backlink Watch atau di  iWeb Tool. Untuk mengetahui tingkat traffic bisa cek di Alexa. Walaupun tidak eksplisit memperlihatkan jumlah pengunjung sebuah blog, tapi Alexa merupakan penyedia web traffic metric yang digunakan sebagai standar para webmasters.

Nah setelah mengetahui di mana kelemahan blog kita, maka segeralah memperbaikinya. Yang kurang backlinks silahkan menebar link di mana-mana : di blog kamu yang lainnya, di blog teman, atau di website directories yang bejibun jumlahnya itu. Untuk yang kurang pengunjung silahkan.. apa ya, ya cari pengunjunglah! hahaha…

Cari pengunjung bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yang paling utama adalah tingkatkan kualitas blog kamu. Usahakan blog kamu benar-benar mengandung informasi yang dibutuhkan orang banyak. Kecuali kamu menulis di blog pribadi, itu tidak masalah. Mau cerita tentang kucing piaraan kek, tentang WC di rumah mampet kek, terserah. Apapun yang kamu tulis, kalo bisa setidaknya dibuat menarik untuk orang lain.

Setelah semuanya ditanggulangi, maka tahap selanjutnya adalah mendaftar di situs-situs paid review broker. Saya kemarin sudah posting tentang Daftar Situs Paid Review Broker. Di sana saya cuma mencantumkan perusahaan2 yang rajin dan tekun membayar saya. Perusahaan yang pelit dan ribet tidak masuk daftar.

Ayolah buruan daftarkan blognya. Kerja keraslah sedikit, jangan malas! Hehehe..

Categories: News Flash
  1. April 13, 2010 at 8:18 pm

    makasih infonya …lam knal n d tunggu kunjungan
    baliknya neh..

    • April 14, 2010 at 1:35 am

      okey mas…btw mo tukaran link ga mas…??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: